Jasa SEO

Omah Toko Online Pembuatan Website dan Toko Online Profesional

Apa itu Nginx ?

- Posted in Definisi by

Apa itu nginx? Nginx atau Engine-X adalah mesin server yang seperti halnya Apache. Keduanya merupakan open source.

Tetapi apa sih yang menjadi perbedaan, yaitu secara garis besar performance Nginx lebih bagus daripada Apache.

Kebutuhan untuk melayani sejumlah besar permintaan bersamaan adalah meningkatkan setiap hari. Prediksi masalah C10K (yaitu 10.000 klien konkuren) memulai penelitian tentang arsitektur web server yang dapat memecahkan masalah ini. Akibatnya arsitektur Nginx dikembangkan.

Nginx Vs Apache

  • Nginx didasarkan pada arsitektur-event. Apache didasarkan pada arsitektur proses. Sangat menarik untuk dicatat bahwa Apache di rilis awal tidak memiliki arsitektur multitasking. Kemudian Apache MPM (modul multi-processing) ditambahkan untuk mencapai hal ini.
  • Nginx tidak membuat proses baru untuk permintaan baru. Apache membuat proses baru untuk setiap permintaan.
  • Dalam Nginx, konsumsi memori yang sangat rendah untuk melayani halaman statis. Tapi, Apache menciptakan proses baru untuk setiap permintaan meningkatkan konsumsi memori.
  • Beberapa hasil benchmarking menunjukkan bahwa bila dibandingkan dengan Apache, Nginx sangat cepat untuk melayani halaman statis.
  • Pengembangan Nginx baru dimulai pada 2002. Tapi Apache rilis awal adalah pada tahun 1995.
  • Dalam situasi konfigurasi yang rumit, jika dibandingkan dengan Nginx, Apache dapat dikonfigurasi dengan mudah karena dilengkapi dengan banyak fitur konfigurasi untuk menutupi berbagai kebutuhan.
  • Bila dibandingkan dengan Nginx, Apache memiliki dokumentasi yang sangat baik.
  • Secara umum, Nginx memiliki komponen lebih sedikit untuk menambahkan lebih banyak fitur. Tapi Apache memiliki banyak fitur dan menyediakan lebih banyak fungsi daripada Nginx.
  • Nginx tidak mendukung Sistem Operasi seperti OpenVMS dan IBMI. Tapi Apache mendukung lebih luas dari Sistem Operasi.
  • Sejak Nginx datang hanya dengan fitur inti yang diperlukan untuk server web, itu adalah ringan bila dibandingkan terlalu Apache.
  • Kinerja dan skalabilitas dari Nginx tidak sepenuhnya tergantung pada sumber daya perangkat keras, sedangkan kinerja dan skalabilitas dari Apache tergantung pada sumber daya hardware seperti memori dan CPU.

Pada intinya adalah Nginx mempunyai performance dan memakan memori yang sangat sedikit dalam penggunaannya. Yang menjadi masalah adalah konfigurasi yang rumit dalam pemakaian. Sehingga banyak web hosting masih menggunakan Apache.

Kami menggunakan Nginx dengan php-fpm dan konfigurasi tersulit yaitu htaccess bisa digunakan juga dengan catatan tidak ada perintah konfigurasi php dalam .htaccess.

Happy Coding

Benny Subarja

Comments